Sunday, September 7, 2008

Chapter 3 - Table With Basis Data

. Sunday, September 7, 2008

Chapter 3 - Table

            Tabel merupakan tempat untuk meletakkan data dalam struktur yang sama. Jika Anda mengumpulkan informasi mengenai pegawai Anda, maka data tersebut akan sama sehingga kontennya dapat memenuhi tabel dengan tepat.

             Bagian ini membahas database yang terbuat dari tabel tunggal sehingga mungkin akan sedikit mengejutkan ketika mengetahui bahwa CHAP3.MDB (File akses yang menyimpan file-file sampel yang digunakan dalam bab ini) mempunyai lebih dari satu tabel. Walaupun demikian, hal ini bersifat sederhana karena kita menggunakan tabel-tabel yang berbeda untuk mengilustrasikan poin-poin yang berbeda.
 Sebaliknya, Anda tidak dapat meletakkan satu atau lebih jumlah kereta api yang bernoda dan daftar buku favorit Anda dalam tabel yang sama. 
 Untuk melakukan hal itu, maka kita akan kehilangan poin secara menyeluruh bahwa tabel harus mengandung data dengan struktur yang sama.

1.1 Baris & kolom – record & field
              Tabel terdiri dari dua baris (horisontal) dan kolom (vertikal). Dalam sampel praktis tabel (yang ditunjukkan lagi di atas), setiap baris mengandung data mengenai satu pegawai. Tabel mempunyai lima kolom dimana setiap kolom mempunyai nama sendiri. 
 Baris juga disebut sebagai record dan kolom juga disebut field. Pada banyak kasus, istilah tersebut tidak dapat saling dipertukarkan. Jika saya menjadi seorang pedantik (seseorang yang sangat menekanan pada ajaran tertentu), maka saya akan mengatakan bahwa perbedaan antara record dan field adalah bahwa record dan field sering kali digunakan untuk data:
 “Saya sedang melihat record Fred pada layar sekarang dan dia tidak mempunyai entri dalam field DOB.”
Sedangkan baris dan kolom sering kali digunakan untuk tabel:
 “Tabel itu mempunyai 50.000.000 baris dan 120 kolom – tabel itu monster!”
Walaupun demikian perbedaan antara record dan field tidaklah sesederhana itu.

           Pada beberapa kasus, tidak jelas apakah kita benar-benar membicarakan tentang tabel atau data. Jadi kalimat seperti “Jika kita menambahkan garis pada tabel, maka kita akan mempunyai kurang lebih 50 baris.”

          Selain itu, (menurut pengalaman saya) penggunaan tabel bervariasi dalam kelompok pengguna mesin database. Misalnya, pengguna Access cenderung memilih record dan field, sedangkan para pengguna Oracle lebih cenderung memilih baris dan kolom. Selain itu, baris dan kolom adalah istilah yang biasanya lebih disukai oleh orang awam ketika mereka sedang berdiskusi tentang aspek-aspek database yang lebih formal (normalisasi, denormalisasi, dll).

 Dan jika Anda masih menganggap bahwa perbedaan tersebut sesederhana seperti yang telah didiskusikan sebelumnya, maka ada rangkaian ketiga yang digunakan, misalnya Codd dan
Tanggal penulisan model relasional.
Istilah data
Istilah struktur tabel 
Istilah yang sangat formal
Tabel
Tabel
Relation
Record
Baris 
Tuple
Field
Kolom
Atribut
Jumlah record
Jumlah baris
Cardinality
Jumlah field
Jumlah kolom
Derajat arity

             Menurut pendapat saya, orang-orang seperti Chris Date menggunakan istilah yang sangat formal dengan alasan untuk ketepatan, misalnya tuple tidak benar-benar sama dengan baris atau relation yang tidak sama benar-benar sama dengan tabel walaupun kedua istilah tersebut hampir sama. Orang lain tampaknya menggunakan istilah yang berbeda dengan alasan untuk menghindari kerancuan. (Bill menambahkan “Atau elitisme, penyakit yang sangat umum”.)

            Anda dapat melihat masalah Anda sendiri. Manakah dari istilah di atas yang akan digunakan dalam buku ini? Standarisasi pada satu rangkaian pemilihan istilah akan sangat berpengaruh terhadap kekonsistenan. Sebaliknya, standarisasi tidak membantu Anda untuk mendapatkan penilaian bagaimana cara menggunakan istilah dalam prakteknya. Akhirnya, kami memutuskan hanya menggunakan istilah apapun yang tampaknya tepat untuk kita dalam konteks pembahasan dalam buku ini. Kami berpendapat bahwa hal ini akan lebih baik, 100% lebih baik, jaminan yang akan tidak konsisten pada tempat tertentu.



0 comments:

 

Followers

Recent Post

Powered by Blogger Tutorials

Recent Comments

Powered by Blogger Tutorials
{www.Nsitus.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Muhamad Nidhom | o-om.com