Sunday, January 11, 2009

The Function Of Trojan Viruses

. Sunday, January 11, 2009

Fungsi Trojan
Label : Google Adsense, Information, Artikel Bahasa Indonesia, Tips and Tricks

Komputer yang telah terinfeksi Trojan dapat dikendalikan oeh penyerang melalui versi clientnya. Cara kerja, sifat, dan fungsi Trojan mirip dengan remote administration tool. Namun, ada juga perbedaannya. Program remote administration misalnya pcAnywhere, digunakan untuk keperluan yang benar dan sah (legitimate), sedangkan Trojan digunakan untuk keperluan yang negative
Jika sebuah komputer terinfeksi oleh Trojan dan telah dikendalikan oleh penyerangnya, maka beberapa kemungkinan dapat terjadi. Sebagai contoh, sebuah Trojan dengan nama NetBus dapat melakukan banyak hal ke komputer yang telah dikendalikannya, antara lain.

1. Menghapus file
2. Mengirim dan mengambil file
3. Menjalankan program-program aplikasi
4. Menampilkan gambar
5. Mengintip program-program yang sedang dijalankan
6. Melihat apa saja yang sedang diketik
7. Membuka dan menutup CD-ROM drive
8. Mengirim pesan dan mengajak untuk bicara (chat)
9. Mematikan komputer
10. Menutup program-program yang dijalankan

Contoh di atas hanya sebagian yang dapat dikerjakan oleh sebuah Trojan. Trojan lain kemungkinan mempunyai fungsi yang berbeda, bahkan mungkin lebih berbahaya dan lebih susah dideteksi. Dalam aplikasi belanja online, Trojan adalah salahsatu ancaman bagi penjual dan pembeli. Trojan dapat digunakan untuk mencuri nomor kartu kredit dengan cara menangkap ketikan saat dilakukan proses transaksi online. Cara lain adalah memanfaatkan lubang keamanan pada Sistem Operasi di sisi penjual atau pemberi jasa (server) yang dimanfaatkan untuk menyadap data-data pelangganya (client). Jika lubang ini dieksploitasi, kemungkinan data seluruh pelanggan dari server tersebut jatuh ke tangan penyadap.

0 comments:

 

Followers

Recent Post

Powered by Blogger Tutorials

Recent Comments

Powered by Blogger Tutorials
{www.Nsitus.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Muhamad Nidhom | o-om.com